Ads

Sabtu, Mei 03, 2008

Tips Membebaskan File yang Terkunci

Membebaskan file yang terkunci program
Emang terkadang, ketika kita mengganti nama file di komputer akan muncul pesan "Cannot delete [nama file]: it is being used by another program" dan biasanya sieh disertai dengan suara mengejutkan. Pesan ini juga muncul ketika memindah lokasi, menghapus, ataupun memodifikasi suatu file. Melihat dari bunyi pesan tersebut, berarti file sedang digunakan oleh program apapun.
Yah bisa jadi, file itu berupa file video korup (corrupt) yang berformat [.avi]. Kemungkinan yang lain, bisa file itu memang terkunci oleh sebuah program yang berjalan di latar belakang atau background. Biasanya sieh, kejadian tersebut terjadi pada format index.dat yang berada di folder history atau di folder internet temporary.
Nah, agar kita bisa mengubah, menghapus, memindah, ataupun memodifikasi sebuah file yang terkunci program perlu di bebaskan. Bagaimana cara membebaskannya? Kita bisa menggunakan aplikasi yang namanya Unlocker 1.8.5. Lakukan instalasi Unlocker 1.8.5 dan ikuti aja perintah yang diminta, seperti mengklik Next sampai Finish.
Setelah melakukan instalasi, Unlocker bisa diakses melalui menu konteks yang muncul ketika melakukan klik kanan. Untuk membebaskan file atau folder, klik kanan pada nama file atau folder kemudian klik Unlocker. Ketika jendela aplikasi muncul, pilih operasi terlebih dahulu yang terdapat pada bagian kiri bawah. Klik Ok, klik Unlock atau Unlock All. Apabila jumlah file atau folder yang akan dibebaskan lebih dari satu, klik kill process untuk mematikan penguncian pada semua file dan folder.
Aplikasi ini sangat efektif dan handal menjalankan tugasnya. Kamu pun tidak perlu khawatir, sofware ini penggunaannya tidak terbatas/tidak perlu bayar/free alias gratis. Untuk mendownloadnya, silahkan [ KLIK DI SINI ]

Tidak ada komentar: