Ads

Sabtu, Mei 24, 2008

Berkirim Flash Greeting Antar Ponsel

Bagi kamu yang terbiasa berkirim email via PC, pastinya akrab dengan tampilan kartu ucapan/Greeting Card berformat Flash. Dengan format inilah pesan yang dikirim akan lebih atraktif. Kamu bisa menambahkan efek animasi, bahkan dapat pula disisipi background audio.
Nah, trus bisakah cara tersebut dikirimkan dari ponsel? Kalau bisa tentu lebih seru kan. Jangan khawatir, itu bisa dilakukan kok. Namun, untuk bisa menampilkan format ini, di ponselmu harus terinstal flash player. Di ponsel symbian s60 3rd edition atau seri N dan E paling baru, fitur Flash ini sudah menjadi menu standar dan mulai banyak diaplikasikan. Misalnya aja untuk memainkan game flash atau menayangkan klip video.
Nah, untuk kamu yang gemar berkirim pesan, kini bisa memanfatkan aplikasi Flash untuk pesan yang akan dilayangkan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi MobileWish, yang bisa didownload (Dari Sini).
Prosesnya serupa fitur MMS, namun lebih atraktif. Kamu tak perlu melakukan pengaturan macam-macam, yang pasti pesan yang akan dikirim bakal lebih menarik.
Untuk ponsel symbian yang belum memiliki aplikasi Flash Player, kamu masih diberi kemungkinan menambahkan aplikasi Adobe Flash Lite 2.1 yang memang dikhususkan untuk ponsel. File ini bisa diperoleh (Dari Sini).

Mengoperasikan MobileWish :
1. Seperti biasa, setelah mendapatkan file downloadnya, instal ke PC. Metodenya tergantung koneksi yang dimiliki, bisa melalui infrared, bluetooth, atau kabel data.
2. Selesai instal, jalankan MobileWish dan lakukan registrasi akun. Pastikan pula GPRS ponsel aktif.
3. Tampilan selanjutnya kamu disuguhkan deretan menu utama : ada Go to My Inbox, Calender, Send a Card, Explore, Change Password, My Profile, About MobileWish, Help/UserGuide dan Check for Update.
4. Untuk mengirimkan Flash Greeting, pilih menu Send a Card -> tentukan kategori dari kartu ucapan yang akan dikirimkan -> select.
5. Untuk melihat tampilan kartu, klik play. Pilih customise untuk langsung mengisikan nomor telepon telepon si penerima, sekaligus pesan yang akan dikirim.
6. Klik Preview untuk sekedar melihat tampilan akhir sebelum dikirim.
Terakhir, pilih send. Untuk penerima pesan yang telah memiliki aplikasi yang sama, pesannya bisa dibuka di menu Go to My Inbox.

Alternatif Lain Pengiriman
Metode pengiriman Flash Greeting lain yaitu melalui situs WAP, yang juga langsung dari ponsel. Ketik alamat http://wap.mobilewish.com di browser standar ponsel.
Pilih Card Gallery -> Categories -> Go to Selected Category -> Open Card for Preview.
Untuk mengisikan pesan, klik customise -> isikan data si penerima -> Preview & Send.

Ponsel dengan aplikasi Flash Lite terinstal :

Flash Lite 2.0
Nokia N82, E51, N95 8GB, N81 8GB, N81, 6121, 6120, 5700, E90, 6110 Navigator, N76, 6290, N95, Samsung SGH-i520, Samsung SGH-i400, LG KS10 JoY

Flash Lite 1.1
Nokia N77, E61i, E65, N93i, N75, E50, E60, E61, E62, E70, 3250, 5500 Sport, N71, N73, N80, N91, N92, N93.

Tidak ada komentar: