Ads

Rabu, Februari 20, 2008

Animasi 2D dengan Alpha Channel di After Effects

Kita akan mencoba memahami fungsi alpha channel untuk membuat animasi yang memperlihatkan tahap-tahap evolusi.
Sebagai gambaran, bidang alpha channel dalam latihan ini berupa bidang seperempat lingkaran yang diberi nada. Nada gelap nantinya akan menampakkan gambar di track bawahnya, dan sebaliknya. Bidang seperempat lingkaran tersebut akan kita animasi berputar seperti jarum jam, memperlihatkan bagian-bagian gambar di track bawahnya. Setiap satu putaran (359 derajat), gambar di track bawah berganti dengan gambar tahap evolusi selanjutnya (kera-manusia-robot serigala).

Mari kita mulai!

Persiapan di Photoshop

Buatlah lingkaran dengan Elliptical Marquee Tool, lalu bagilah menjadi empat sector. Pilih salah satu sector dan isilah dengan nada menggunakan Gradient Fill Tool. Buka palet channel, salin salah satu channel. Simpan pekerjaan kita dalam format TIFF agar informasi alpha channel direkam.

Animasi di After Effects
1. Buka After Effects. Klik menu [File]>[Import]. Masukkan elemenelemen tahap evolusi ke dalam palet Project.
2. Klik menu [Composition]>[New Composition]. Beri nama projek alias komposisi kita. Tentukan ukuran atau resolusi, frame rate (kecepatan putar dalam satuan jumlah bingkai per detik), serta durasi komposisi.
3. Masukkan klip-klip gambar evolusi ke palet Timeline. Caranya, drag (klik-tahan-seret) ikon klip dari dalam palet Project ke palet Timeline. Atur susunan track seperti mengatur susunan layer di Adobe Photoshop.
4. Aktifkan track Ape (kera). Lihat di jendela Monitor, ternyata ukurannya perlu disesuaikan agar semua bagiannya masuk ke dalam bingkai. Klik tombol [Maximize] pada jendela monitor. Jika tampilan terlalu besar, gunakan Zoom Tool. Sebaliknya, untuk memperbesar tampilan, pergunakan Zoom Tool sambil menekan tombol Alt. Klik handle point di sudut gambar klip, lalu tekan dan tahan tombol Shift. Geser ke luar atau ke dalam untuk mengubah ukurannya. Tombol Shift digunakan untuk menjaga agar perbandingan (proporsi) antara panjang dan lebar gambar klip tidak berubah. Jika sudah selesai, klik tombol [Restore Down] pada jendela Monitor untuk kembali ke layer kerja dan menampilkan Timeline.
5. Matikan ikon mata pada track Ape. Aktifkan track Human. Kita lihat ukurannya juga perlu disesuaikan agar seluruh bagiannya masuk ke dalam bingkai. Lakukan penyesuaian ukuran klip seperti pada Langkah 4. Lakukan juga untuk track Robot dan track Wolf.
6. Jika semua klip sudah sesuai dengan bingkainya, kita akan mengatur durasi pemunculan masing-masing klip. Tampilkan lagi semua track dengan memunculkan kembali ikon mata. Aktifkan track Ape. Tekan kombinasi tombol keyboard [Ctrl]+[G]. Kombinasi ini akan menuntun kita untuk menuju ke suatu nomor frame. Isikan angka 00:00:00 pada kotak dialog Go to Frame untuk menuju frame detik ke 0 (awal komposisi). Atur awal klip Ape ke garis yang ditunjukkan oleh Playhead. Tekan lagi [Ctrl]+[G], isikan angka 00:07:00 untuk menuju frame detik ke 7. Drag dan atur akhir klip Ape pada garis yang ditunjukkan Playhead.
7. Sembunyikan track Ape. Aktifkan track Human. Tekan kombinasi tombol keyboard [Ctrl]+[G]. Isikan angka 00:07:00. Tempatkan awal klip Human pada bagian ini. Tekan [Ctrl]+[G], isikan angka 00:14:00. Tempatkan akhir klip Human pada bagian ini. Lakukan Langkah 6 dan 7 pada klip-klip yang lain (Robot dan Wolf) dengan kelipatan waktu 7 detik.
8. Import gambar Pendulum yang mengandung informasi alpha channel (untuk transparansi). Bila muncul kotak dialog Interpret Footage, klik tombol [Guess] dan [OK].
9. Drag klip Pendulum ke dalam Timeline dan tempatkan klip Pendulum mengapit setiap klip lain (lihat gambar). Atur klip-klip Pendulum sesuai dengan masing-masing klip elemen evolusi (Ape, Human, Robot, dan Wolf).
10. Aktifkan track Pendulum di atas track Ape. Klik ikon segitiga di samping track untuk membuka animasi. Klik ikon segitiga di samping Transform. Pilih jenis animasi Rotate. Tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[G]. Isikan angka 00:00:00. Klik ikon jam di samping Rotate untuk memberi keyframe awal animasi. Tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[G], isikan angka 00:07:00. Ubah nilai Rotate menjadi 359 derajat. Otomatis, akan muncul keyframe akhir animasi. Pendulum akan berputar 360 derajat.
11. Tutup Transform dengan klik ikon segitiga. Sembunyikan track Ape.
12. Aktifkan track Pendulum di atas track Human. Aktifkan klik ikon segitiga di samping track untuk membuka animasi. Klik ikon segitiga di samping Transform. Pilih jenis animasi Rotate. Tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[G]. Isikan angka 00:07:00. Klik ikon jam di samping Rotate untuk memberi keyframe awal animasi. Tekan kombinasi tombol [Ctrl]+[G], isikan angka 00:14:00. Ubah nilai Rotate menjadi 359 derajat. Otomatis, akan muncul keyframe akhir animasi. Pendulum akan berputar 360 derajat.
13. Lakukan Langkah 10, 11 pada klip-klip yang lain.
14. Simpan pekerjaan kita dengan menu [File]>[Save].
15. Bila perlu, komposisi After Effects dapat di-export ke dalam format .mov (Quick Time] dengan menu [File]>[Export Movie].

Selamat mencoba yaaa…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap bos...

makasih...

:D