Ads

Sabtu, September 13, 2008

Mendeteksi Masalah Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi nirkabel yang cukup diandalkan pada ponsel. Biasanya, model ponsel sekarang sudah mendukung koneksi melalui blutooth mengingat bluetooth lebih cepat dalam melakukan transfer data jika dibandingkan infrared. Sayangnya, jika perangkat lunak ponsel bermasalah maka akan mempengaruhi kinerja ponsel tersebut. Misalnya saja nokia 6600 yang bluetoothnya tidak bisa mengirim atau menerima data.
Permasalahan ini termasuk pada permasalahan perangkat lunak atau software. Dan untuk melakukan reparasi, cara yang mudah adalah membawa ponsel tersebut ke tempat servis terdekat dikotamu yang terpercaya pastinya.
Lalu untuk melakukan deteksi kerusakan software, menurut customer care nokia service center, ponsel yang mengalami permasalahan bluetooth bisa di coba kirim data kembali setelah terlebih dahulu melepas baterai kemudian memasang kembali. Jika tetap tidak bisa, dapat dicoba dengan melakukan pengiriman data tanpa menggunakan memori card eksternal (MMC, RS-DV-MMC, MiniSD, MicroSD Card, dll) alias dilepas sementara memori eksternalnya.
Jika pengiriman berhasil maka permasalahan terjadi pada memori card eksternal kamu.
Namun, jika masih sama dan tidak ada perubahan maka ponselnya bisa dilakukan reparasi dengan melakukan flashing sofware. Tapi perlu diingat, resiko dari proses flashing adalah data yang telah kamu simpan di memori internal, entah itu data phone book atau data lainnya akan hilang. Jadi solusinya jika kamu ingin melakukan flashìng sebaiknya data yang ada di memori internal diamankan terlebih dahulu agar nantinya kamu tidak kecewa karena kehilangan data penting di ponsel.

Tidak ada komentar: