Ads

Selasa, Maret 25, 2008

Upgrade sendiri firmware Nokia


Sekarang ini, nokia sudah mulai membuka diri dengan menyediakan layanan update online. Walaupun masih terbatas untuk tipe tertentu sih. Namanya Phone Sofware Update.
Layanan sofware update ini terdiri dari 2 jenis. Pertama adalah layanan update over the air {OTA} maksudnya layanan ini memungkinkan pemakai ponsel nokia mengupdate sofwarenya langsung via internet. Tentu dibutuhkan koneksi internet gprs/3g/wifi dan biaya tambahan yg dibebankan oleh operator. Tapi kayaknya untuk sementara layanan tsb hanya dpt digunakan untuk Nokia N80.
Kedua adl layanan update via PC. Agar layanan bisa berjalan lancar, kamu ngebutuhin kompi dgn sistem windows 2000 atau Xp, kabel USB and internet. Layanan ini dpt diaplikasikan untuk Nokia N70, N71, 6131, 6630, 6680, 6681, 6682. Untuk yang lain aku liat di www.Nokia.com belum ada.
Sebelum mulai update sebaiknya backup dulu file-file penting ponsel kamu. Kasian kan kalau sampai ilang gak berbekas. Trus karena file instaler updater berukuran 15 Mb, kamu musti sabar menunggu nih.
Nah, untuk persiapannya :
Masuk ke situs ini
halaman webnya, kamu diminta nentuin model ponsel yg hendak diupgrade. Disitu kamu tinggal ikutin step by stepnya untuk mendownload Nokia Sofware Update.
Langkah-langkah update sofware :

a. Jalanin program nokia sofware update dari start menu, tekan tombol start .
b. Pd tahap ini ponsel harus sudah terhubung dgn kompi melalui kabel USB. Ponsel dlm keadaan aktif dgn sim card terdapat di dalamnya.
c. Pilih profil general. Sebaiknya hubungkan ponsel dgn charger utk menghindari kehabisan baterai saat proses upgrade. Trus tekan next yg selanjutnya ponsel akan mengidentifikasi ponsel yg hendak di upgrade. Jika firmware ponsel kamu merupakan sofware terbaru, updater tidak akan melakukan proses upgrade.
d. Setelah selesai, akan muncul konfirmasi bahwa proses tsb telah selesai.
Manfaanya nih, selain dapat memperbarui kinerja ponsel, proses update jg dapat menyelesaikan beragam masalah spt ponsel hang, application error atau kerusakan sofware lainnya.





1 komentar:

Ujang mengatakan...

Yang mau belajar tentang update firmware nokia, dll, serta alat2 yang digunakan silahkan kunjungi allmobilefirmware.blogspot.com