Ads

Senin, Juli 28, 2008

Tune Up Kinerja Ponsel

Layaknya kendaraan bermotor, ponsel juga bisa di tune-up agar kinerjanya lebih baik. Paling tidak agar tidak lemot lantaran terlalu banyak aplikasi yang tersimpan di dalamnya.
Caranya, dengan mengatur kerja RAM. Hal ini juga bisa menjadi penyembuh ponsel agar tak mudah hang.
Aplikasi sejenis tune up ponsel sudah banyak tersedia terutama untuk ponsel bersistem operasi terbuka. Sekarang untuk ponsel berbasis java juga sudah ada. Aplikasi ini bernama "MemoryUp" yang berbasis java berkemampuan meningkatkan kinerja RAM. Meski aplikasi MemoryUp dipersembahkan untuk ponsel symbian, namun karena berbasis java maka bisa digunakan untuk ponsel Java enable.
Aplikasi ini dapat menganalisa dan membuat cadangan RAM sekitar 50%. Selebihnya mampu memonitor sistem ponsel dan membebaskan sumber jika diperlukan.

Untuk penggunaannya sbb :
*). Download dan install aplikasi MemoryUp Langsung Klik di Sini (masih dalam format Zip). Untuk yang download langsung dari ponsel situs WAPnya di http://wap.getjar.com, pilih quick download dan masukkan kode 19107
*). Aktifkan aplikasi dan pada saat itu juga aplikasi akan memonitor sistem ponsel. Disitu tertera 3 informasi yaitu :
- Total Memory
- Free Memory (sisa memori yang belum dipakai)
- Used Memory (memory yang dipakai)
Informasi ini merupakan kapasitas memori RAM untuk Java Virtual Machine.
*). Untuk memulai boosting RAM, tekan Option lalu pilih Quick Boost
Proses boosting akan memulai beberapa tahap diantaranya, defragging (menyusun ulang susunan file yang terpecah-pecah), re-allocating (relokasi RAM dan Recovering (memulihkan) RAM.
*). Jika ingin mengatur cara kerja MemoryUp, pilih Setting. Ada 2 pilihan pengaturan, Basic Setting dan Advance Setting.
Bila menginginkan pengaturan standar pilih Basic Setting, namun jika menginginkan pengaturan tingkat lanjut, misal salah satunya untuk mendukung system dengan kapasitas cache yang lebih besar, pilih Advance Setting.
Berikutnya di menu System Info, kamu dapat mengetahui semua yang berkaitan dengan ponsel, seperti versi sofware, versi java dan kapasitas RAM untuk mesin virtual java nya.
Untuk informasi yang berkaitan dengan waktu pemulihan (recover), akan tercatat di menu Log.

Sebagai saran, penggunaan MemoryUp jangan terlalu sering, sebisa mungkin hanya digunakan jika kondisi ponsel sudah mulai terasa berat atau sehabis ponsel melakukan banyak aktifitas, semisal bermain game, memainkan musik atau membuka aplikasi.

Tidak ada komentar: