Ads

Minggu, Juli 13, 2008

Membuat Animasi 3D dengan Blender

Blender adalah sofware pengolah 3 dimensi dan animasi yang bisa dijalankan di Windows, Machintos, dan Linux. Sama seperti sofware 3D pada umumnya seperti 3Dmax, blender bisa dikerjakan di hampir semua sofware 3D komersial lainnya, ray trace dengan kualitas tinggi, mempunyai simulasi physics yang lumayan bagus dan yang penting lagi adalah tersedia GRATIS.
Di program blender ini, pilihan yang digunakan untuk melakukan pengaturan dan pengerjaan obyek 3D ditampilkan secara sederhana. Jika mouse diarahkan ke antara 2 area kerja kemudian klik kanan terdapat Spit Area, klik pilihan tersebut maka area kerja dapat terbagi menjadi 2. Hal ini bisa juga dilakukan untuk membagi area kerja menjadi 3, 4, 5 sesuai dengan keinginan kamu. Trus untuk menggabungkannya kembali klik Join Area. Pada layar 3D Blender, bila menahan klik tengah mouse maka kamu dapat merotasikan pandangan 3D.
Untuk pembuatan obyek contohnya sbb :

* Membuat Tampilan Kartun *
Untuk membuat tampilan kartun, yang perlu dilakukan adalah melengkapi scene dengan membuat "Cube" sehingga muncul dinding kubus misal aja vas bunga. Selanjutnya membuat pencahayaan dengan menekan tombol F5 kemudian mengganti tipe lampu menjadi spot. Lakukan pengukuran "Distance" dan pada "Shadow dan Spot" di isi "Spot Si" dengan angka 84.52 lalu pada "Spot Bl" isikan 0.15 dan pada "Halo Int" isikan 1.
Untuk hasil yang lebih bagus lagi, pada panel "Editing" atur menjadi "Set Smooth" dan "Auto Smooth" kemudian dirender. Pilih vas, selanjutnya tekan F5 dan klik "Add Material" untuk menyeting material.

Salah satu kelebihan Blender adalah memainkan "Edges", tekan F10 kemudian pada tab output klik "Edge" lalu klik "Edge Setting". Masukkan "Eint" nya menjadi 150 kemudian lakukan render.

Baiklah, jika kamu ingin mendownload freeware ini silahkan [KLIK DI SINI]

Sedangkan sistem minimal (lebih tinggi spesifikasinya tentu lebih baik) yang dibutuhkan adalah :
- Pentium III 450 Mhz
- Memory 128 Mb
- CDROM Drive
- VGA Card 4 Mb
- Multimedia

1 komentar:

emak mengatakan...

wahh blogny kweren, info2 penting bg saya nie ^^ palagi ttg 3D, kmrn dulu sy sempat mau ikutan training 3D tp sy batalkan krn buta sama sekali ttg 3D