Ads

Senin, Oktober 06, 2008

Over Clock N-Gage


N-Gage adalah ponsel pintar pertama Nokia bersystem operasi symbian s60. Memang kehadiran N-Gage bukan dikususkan sebagai ponsel Multimedia. Nokia mengedarkannya lebih ditujukan untuk ponsel Game yang juga memiliki fitur multimedia seperti musik, radio, dan dapat dimasukkan aplikasi third party sebagai aplikasi tambahan.
N-Gage sudah didukung dengan prosesor 104 MHz berjenis ARM. Optimalnya dengan prosesor tsb, memory yang dipakai adalah MMC berkapasitas 256MB atau maksimal sebesar 512MB. Sedang rata-rata game N-Gage berkapasitas 15MB atau bahkan 32MB.
Kalau satu game dikemas dalam satu MMC memang tak ada masalah. Tapi jika semua game dikumpu£an damam memori besar 1GB, tentu akan membuat N-Gage harus bekerja keras untuk mengangkat system yang begitu besar.
Biasanya jika hang akan muncul informasi "App.closed Main" dan bilan N-Gage menggunakan firmware 4.03 akan tampak pesan "Device start-up failed contact the retailer" dimana kedua masalah tadai akan selalu muncul dan solusinya adalah format atau master reset, bahkan bila parah maka ponsel perlu di flashing.
Untuk itu, agar besarnya memori bisa dibaca dengan mudah oleh N-Gage, maka dibutuhkan aplikasi tambahan yang fungsinya untuk mengoptimalkan memory besar tsb. Aplikasi bernama Fixss bisa digunakan. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk N-Gage Classic. Fungsi aplikasi ini sebenarnya adalah mencocokkan system yang ada di memory eksternal (Drive E) dengan system yang ada dalam RAM (Drive D)
Untuk bisa mengetahui apakah installer tadi sudah masuk atau tidak, kita bisa melihat menggunakan aplikasi filling system misalnya SeleQ atau FExplorer. Lebih tepatnya untuk slot memory, bila aplikasi ini memang sudah diinstal, akan terbaca dalam E:\System\Recogns\FixSS
Sedang untuk RAM akan terbaca dalam D:\system\temp\FixSS

Speed Up
Speed Up adalah program yang masuk dalam satu paket bila kita install FixSS 1.0.5
Fungsi dari Speed Up untuk meningkatkan kecepatan membaca data dalam memory eksternal dengan menghubungkan atau mencocokkan dengan RAM.
Jika sudah diinstal aplikasi ini silahkan reboot atau restart kembali ponsel. Agar ponsel berjalan dengan baik.

Apps Closed
Apps Closed/gagal membuka aplikasi banyak dimungkinkan karena file-file dalam folder Apps ada yang hilang, rusak atau terlalu banyak file yang tidak mampu diolah prossesor (memory yang digunakan terlalu besar). Atau bisa juga di dalam system yang menggerakkan aplikasi tidak komplet.
Misalnya : dalam memainkan game, ketika system memproses aplikasi game tsb dalam filder Apps tidak ditemukan file pendukungnya, otomatis akan terjadi Apps Closed.

Solusi jika terjadi App Closed
1. Remove aplikasi yang corrupt dalam manager
2. Lakukan master reset dengan *#7370# password : 12345 (jika belum diubah). Silahkan backup dulu contact, kalender, file data, dll.
3. Lakukan Flashing apabila ponsel sudah keluar Contact Retailer

Kekurangan dan kelebihan aplikasi FixSS :
Meski banyak hal positif yang bisa didapatkan dari aplikasi ini, yaitu ketika membuka aplikasi atau game akan lebih cepat atau kerja ponsel akan lebih ringan.
Namun, tentunya juga ada kelemahannya yaitu :
- Aplikasi tidak bisa dihapus melalui Manager
- Aplikasi FixSS tidak bisa berjalan bahkan bisa hilang kalau kita install Font Remover (penghapus font apabila ponsel menggunakan fonts selain bawaan Nokia).
Dengan kata lain, jika ingin menghapus aplikasi FixSS gunakan Font Remover.

Ini aplikasi yang kamu butuhkan :

- FixSS 1.05 [DOWNLOAD]

- Font Remover [DOWNLOAD]

- FExplorer [DOWNLOAD]

2 komentar:

Apoet Adhie Yanto mengatakan...

saya sudh coba untuk download,
tapi ga bisa di install ya bang??


ada pesan "unable to install"

trus, apa yang bisa saya lakukan??

Apoet Adhie Yanto mengatakan...

saya sudah coba untuk download,,

tapi tidak bpsa untuk di install k hp n gage classic saya.

ada pesan "unable to install"


apa yang harus saya lakukan??