Ads

Selasa, September 16, 2008

Install Plugin Mozilla Firefox

Plugins merupakan aplikasi yang dapat bekerja dengan aplikasi host (sebagai contoh, web browser atau email client), untuk suatu fungsi yang spesifik. Suatu aplikasi mendukung plugins karena banyak alasan. Beberapa alasan mereka menyertakan plugin adalah memperbolehkan developer pihak ketiga memiliki kemampuan untuk ditambahkan ke dalam suatu aplikasi, untuk memperkecil ukuran suatu aplikasi atau memisahkan source code dari aplikasi dikarenakan tidak kompatibelnya lisensi software.
Memang, walau sudah cukup digunakan untuk keperluan browsing, namun secara default di Mozilla Firefox belum dilengkapi dengan sejumlah plugins. Maka jika kita ingin melengkapinya, kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Beberapa plugins yang biasa digunakan diantaranya adalah plugins Flash Player, java, Real/Helix Player dan beberapa plugin lainnya.
Suatu misal, jika kamu sudah jenuh dengan tampilan default Mozilla, kamu dapat mengubah tampilannya agar selalu nyaman digunakan yaitu dengan menginstal Theme yang menarik.
Caranya sebagai berikut :
a. Pada situs Mozilla Add-Ons yang berlokasi di addons.mozilla.org, Mozilla Firefox sudah menyediakan beberapa themes yang dapat kamu gunakan.
b. Untuk menginstalasi themer yang disediakan cukup mudah. Pertama, cari theme yang kamu sukai. Klik link theme tersebut.
c. Klik button Install Now yang terdapat pada halaman Themes Firefox tsb, untuk memulai proses instalasi.
d. Setelah proses instalasi theme selesai, akan muncul halaman konfirmasi untuk merestart firefox. Klik button Restart Firefox.
e. Setelah masuk kembali ke halaman Mozilla, kamu dapat langsung menggunakan theme firefox yang baru saja kamu instal. Caranya, dari halaman utama Mozilla klik menu Tools -> Add Ons
f. Pada halaman Add-ons, pindah ke tab themes, pilih theme yang ingin digunakan, kemudian klik button Use Theme.

Untuk plugin yang lain caranya hampir sama, tinggal pilih plugin apa yang ingin kamu instal.
Setelah menginstal beberapa tambahan plugins untuk Mozilla Firefox, kamu dapat melihat daftar plugins yang sudah diinstal dengan mengetikkan perintah about:plugins pada kotak url Mozilla.

2 komentar:

Deden mengatakan...

sy memakai firefox portable 3.05. di situ udah terinstal flash. tapi ada beberapa website yang membutuhkan flash yang versi di atasnya. gimana cara ngeupdate flash kita itu?

new satelit mengatakan...

thank infonya sob..