Ads

Rabu, Agustus 13, 2008

Mengatasi App Closed Main Error

Memang operating system terbuka bisa dijadikan berbagai fungsi dengan menginstal aplikasi di dalamnya. Namun, semakin banyak aplikasi yang terinstal, kadang banyak pula aplikasi yang tidak kompetibel/tidak cocok dengan versi dari operating system dalam ponsel. Hal ini menyebabkan ponsel sering mengalami masalah ketika di gunakan, yang umum adalah muncul peringatan "app closed main error" ketika menjalankan aplikasi atau menghidupkan ponsel. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : aplikasi yang tidak kompetibel dengan ponsel, aplikasi yang belum diregister/demo/trial, memori penuh atau hal lain.
Masalah app closed main erorr ini bisa saja diatasi dengan cara membuang aplikasi yang bermasalah dari ponsel atau dengan memformat ponsel dan kartu memorinya. Masalahnya, semua data dalam ponsel akan hilang.
Jika kamu gak ingin kejadian seperti itu, coba lakukan tips alternatif berikut ini tanpa harus memformat ponsel :
a. Jalankan aplikasi file manager semisal SeleQ, Fexplore, YaExplore, dll
b. Masuk ke folder C:\system\bootdata, kemudian pilih Firstbootdata
c. Pilih option, delete file
d. Matikan ponsel dan keluarkan kartu memori dari dalam ponsel
e. Setelah kartu memori dilepaskan, hidupkan kembali ponsel tanpa kartu memori (kamu akan diminta memasukkan tanggal dan jam)
f. Matikan ponsel, kemudian pasang MMC dan hidupkan ponsel
g. Ponsel akan hidup tanpa tampilan pengganggu app closed main error lagi.

Catatan :
Jika kamu ingin menghindari menu yang membingungkan atau berubah setelah melakukan perbaikan ini, ada trik yang dapat dilakukan sebelum melakukan perbaikan seperti diatas yaitu :
1. Langkah paling utama yaitu kamu harus melakukan backup file aplications.dat sebelum melakukan langkah-langkah tersebut
2. Gunakan aplikasi file manager untuk mengeksplorasi data, C:\system\data
3. Pilih Applications.dat, tekan option trus copy paste ke tempat yang aman, misalkan drive E
4. Jadi jika kamu ingin menu tampilan ponsel kembali seperti sebelum melakukan perbaikan, cukup lakukan copy file backup applications.dat tadi kedalam folder C:\system\bootdata. Tekan yes ketika muncul tampilan untuk melakukan overwrite file.

3 komentar:

Andri Wijaya mengatakan...

itu salah ada aku coba

Bocah Suwung mengatakan...

mas, kalau kita akan mereset hp menggunakan master reset gimana mas caranya agar semua nomor kontak kita tidak hilang selain memindahkannya ke kartu sim card? karena kontak saya lebih dari 250 nomor, jd tidak cukup kalau di pindah ke sim card. adakah cara lain?

Hermanto mengatakan...

Untuk Akasaka : Cara termudah jika kontak kamu lebih dari 250 dan ingin melakukan backup ya kamu siapkan saja 2/3 sim card. Setelah selesai reset, bisa di kembalikan lagi ke kontak ponsel. Selain itu bisa gunakan aplikasi semacam contact backup. Kalau nggak salah sudah ada di blog ini.