Ads

Rabu, Juli 02, 2008

Software untuk Mengelola Agenda

Apakah kamu termasuk orang sibuk yang kesehariannya juga didepan komputer/laptop? Karena itu, mungkin kita sampai lupa punya banyak janji atau kegiatan penting lainnya yang harus dilaksanakan. Nah, jika kamu emang agak pelupa alias rada pikun, ada baiknya tulis/atur jadwal kegiatan kamu serapi mungkin agar tidak terlewat pada saatnya. Jika begitu, program EssentialPIM adalah jawabannya. Dengan sofware ini kamu bisa mengelola agenda kerja dengan baik. Apalagi program ini tersedia gratis.
Untuk langkahnya begini :

a). Unduh aplikasi EssentialPIM Dari Alamat Ini. Trus klik tombol [Free Download] di sisi kanan. Tunggu hingga muncul halaman selanjutnya.
b). Program EssentialPIM tersedia dalam 2 versi. Salah satu versinya butuh instalasi. Versi lain merupakan portable application. Jadi bisa langsung kamu jalankan tanpa perlu instalasi. Pilih yang pertama, klik-kanan link [EssentialPIM.exe], pilih [Save Target As...] atau [Save Link As..] untuk mendownload ke PC.
c). Setelah selesai, instal aplikasi tsb di PC. Selanjutnya jalankan EssentialPIM.
d). Begitu terbuka, EssentialPIM akan mengecek keberadaan program Outlook di PC. Jika kamu memakainya, EssentialPIM segera mengimpor daftar kontak dan jadwal kegiatan dari dalam Outlook. Klik [Yes] untuk mengiyakan.
e). Muncul jendela yang menanyakan di mana kamu menyimpan address book untuk Outlook. Pilih buku alamat yang dimaksud, lantas [Open].
f). Klik menu [Contacts] di sisi kiri untuk melihat daftar kontak yang telah diimpor. Dari situ, tambahkan kontak baru dengan mengklik [Add] di bagian kanan program. Kamu juga bisa menyunting daftar yang ada dengan mengklik [Edit].
g). Untuk mengecek jadwal kegiatan, klik menu [Schedule] di sisi kanan. Jika belum ada agenda acara, tambahkan dengan mengklik [Add] di samping kanan.
h). Pada jendela Task Info, masukkan judul kegiatan pada kotak isian "Subject". Jangan lupa ubah setelan tanggal pada "Start Time" dan "End Time" serta "Duration". Berikan catatan agenda pada kotak isian "Notes". Klik [Ok].
i). Nantinya, setiap kali ingin mengetahui agenda kegiatan hari ini, kamu tinggal klik menu [EPIM Today]. Lihat, di bagian tengah muncul daftar acara yang mesti kamu lakukan pada hari yang sama, bahkan hingga dua hari berikutnya.
j). EssentialPIM juga bisa digunakan sebagai buku harian. Tambahkan catatan-catatan penting dalam menu Notes. Klik menu tsb, kemudian klik [Add].
k). Masukkan judul catatan pada kotak isian yang tersedia, lantas klik [Pick One] di sebelah "Icon" untuk menandai catatan tsb. Muncul pilihan ikon, cari yang paling sesuai dengan isi catatan tadi. Klik [Ok] lalu [Ok] lagi.
l). Sekarang, tulis catatan yang kamu maksud pada kotak isian tengah bagian kanan. Cara penulisannya sama pada aplikasi Microsoft Word. Huruf bisa dipertebal, diberi warna, bahkan kamu bisa memasukkan gambar di dalamnya.

Selamat Mencobanya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks gan ,anedah download .
:D
kunjung balik ya .^^

http://agitshare.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

Terima kasih gan postingannya, sangat membantu dan bermanfaat.
semoga blognya rame pengunjung :)

blog ane.
agenperubahpendidikan.wordpress.com

salam perubahan

Herman kartajaya