Ads

Selasa, Mei 13, 2008

Chatting Via Talkonaut

Kamu termasuk orang yang suka chatting di banyak IM(Instan Messaging)? mungkin saja kamu kerepotan bila ingin melakukan sekaligus dengan banyak IM. Karena masing-masing IM kan biasanya mengharuskan pengguna terdaftar di IM yang sama. Nah, bagi kamu yang menginginkan lebih, kamu bisa mencoba alternatif lain.
Misalnya aja dengan mencoba aplikasi Talkonaut yang diperuntukkan buat ponsel java, namun kini juga dijalankan juga di ponsel symbian. Bahkan nieh, versi 4.0 menyedikan VoIP (Voice Over Internet Protocol).
Aplikasi gratis yang menyediakan bahasa indonesia ini cukup menarik untuk dijadikan referensi karena menyediakan beragam fitur untuk kebutuhan chatting dan VoIP sekaligus. Implementasi VoIP dijalankan tidak saja melalui GPRS tetapi juga EDGE, 3G ataupun WIFI.
Talkonaut 4.0 memang memungkinkan kita melakukan panggilan murah lewat VoIP. Sayangnya versi 4.0 hanya diperuntukkan buat smartphone seperti ponsel symbian versi 2 keatas, bahkan tidak seluruhnya. Sedang ponsel yang mendukung J2ME atau java hanya dapat menggunakan versi 3.0 tapi itu udah lumayan lengkap kok.
Aplikasi ini mengedepankan chatting yang dapat dilakukan secara bersama-sama pada pengguna Google Talk, SIP phone, MSN, Yahoo, AIM dan ICQ voice capable IM clients, sebagaimana melakukan chating pada pengguna talkonaut.
Untuk langkah pemakaian kira-kira begini :
1. Download aplikasi Talkonaut [ DISINI ] ataupun [ DI SINI ].
Transfer file tsb ke ponsel. Bila kamu ingin download langsung melalui ponsel, kamu bisa mengetikkan url http://get.talkonaut.com pada browser default ponselmu.
2. Buka menu -> aplikasi -> talkonaut -> options -> open.
3. Bila ingin mengaktifkan akun lain, kamu dapat mengklik 'menu' dan pilih akun. Selanjutnya ketikkan username dan password.
4. Bila ingin melakukan conference di jabber cukup dengan mengarahkan cursor pada talkonaut@conference.jabber, pilih menu -> join conference. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak chat sekaligus. Misal ketika Gtalk kamu aktif, YM kamu juga aktif, sementara kamu juga melakukan chat conference di jabber. Khusus untuk chat, aplikasi ini tergolong cukup cepat dalam menampilkan percakapan yang terjadi. Bahkan tampilan percakapan yang terjadi ditampilkan dalam bentuk scrol ke bawah yang sangat panjang.
5. Untuk masuk ke Yahoo Messenger pilih yahoo.talkonaut.com -> isi username dan pasword. Selanjutnya pada layar akan terlihat status YM kamu.
6. Bila ingin melakukan chat seperti layaknya pada PC, arahkan kursor di nama yang ingin kamu ajak bicara dan klik menu pilih chat. Akan terlihat tampilan message, ketikkan kata-katanya -> options -> ok. Kamu masih dapat memasukkan symbol, smiley, quote dan merubah status YM kamu. Khusus untuk smiley terdapat delay atau jeda beberapa detik sebelum aplikasi dapat menampilkannya.
7. Untuk personalisasi tersedia beberapa pengaturan. Buka menu -> system -> setting. Langkah awal adalah merubah bahasa. Pilih language pilih bahasa indonesia. Untuk pengaturan lainnya kamu dapat memilih account, koneksi, font, suara, kontak, chat, tampilan dan input. Masing-masing dengan kelengkapan pengaturan yang dapat dikatakan cukup lengkap.

Silakan dicoba sendiri

1 komentar:

Rifqi mengatakan...

Boleh saya masukin posting ini ke blog saya ngak?